Arsitektur Tradisional (Rumah Adat)

Minggu, 10 Juni 2012
Bentuk Arsitektur Indonesia

Rumah Adat Minagkabau

Indonesia memiliki keistimewaaan dari segi rumah-rumah tinggal terutama dalam keanekaragaman bentuk dan gayanya sejajar keistimewaaannya dengan segi adat-istiadat, bahasa, sastra, musik dan tari, dan lain sebagainya. Masing-masing daerah dan suku telah memperlihatkan karakteristiknya sendiri-sendiri yang hal ini telah menjadi ciri dari khas kebudayaan suku bangsa tersebut.

salah satu hal yang paling mencolok dalam arsitektur tradisional Indonesia adalah bentuk-bentuk atap yang unik dan beragam. dalam perancangan rumah tingal di Nusantara kita, terutama dalam pembuatan atap tidak semata-mata untuk memberi kesan kedaerahan saja, melainkan berdasarkan fungsi dan karakter lingkungan di daerah tersebut.

gambar iatas adalah sedikit contoh dari banyaknya bentuk-bentuk rumah tradisional indonesia yang unik dan Dengan Demikian sangat beragamlah bentuk rumah tradisional yang terdapat di Indonesia ini, yang membuat bentuk arsitekturnya tak kalah dari negara lain.

seperti yang kita ketahui, Arsitektur Indonesia Adalah Arsitektur yang dikenal dengan kenunikan atapnya, atau biasa disebut dengan Asitektur Atap, dan dari situlah Arsitektur Nusantara kita bisa menjadi besar namanya, dari sekian banyaknya bentuk-bentuk atap yang terdapat pada bentuk-bentuk rumah tinggal di indonesia menjadikan Arsitektur nusantara kita ini kaya akan kebudayaan yang salah satunya adalah dalam cara berarsitektur yang unik dan beda dari negara lain.

di balik semua teknologi yang telah berkembang saat ini banyak sekali bangunan-bangunan yang unik dan aneh, namun meskipun demikian Arsitektur Indonesia masih mendapat perhatian dari mata internasional dikarenakan sangat nyaknya rumah tradisional yang ada di indonesia ini, dan menjadikan indonesia negara yang memiliki keunikan dalam berarsitektur dari setiap daerah dan memiliki ciri khas yangt berbeda-beda, itulah Arsitektur Nusantara kita.

0 komentar:

Posting Komentar